CooL

Selasa, 26 Februari 2013

TIK

Bab 1
Perangkat Keras Komputer
A. Unsur-Unsur Komputer
Komputer dapat didefinisikan sebagai alat elektronik yang dapat mengolah (menerima,memproses,menyimpan, dan menghasilkan) data dengan kecepatan tinggi berdasarkan petunjuk-petunjuk programnya. Dalam melakukan pengolahan data dengan menggunakan komponen diperlukan 3 unsur penting yang saling berkaitan, yaitu : hardware,software, dan brainware.

1. Unsur Hardware
    Hardware (perangkat keras) yaitu seluruh komponen elektronik mekanik yang menyusun sebuah komputer. Berdasarkan fungsinya, hardware terbagi atas 6 perangkat utama, antara lain sebagai berikut.
a. Perangkat Masukan atau Input
    Perangkat masukan merupakan hardware yang dapat memberikan data ke dalam komputer untuk selanjutnya diolah oleh komputer tersebut. Perangkat masukan antara lain : keyboard,mouse dan scanner.
 b. Perangkat proses atau processing
     Perangkat proses merupakan otak dari sebuah komputer. Setelah data dimasukan maka kini tinggal bagian alat proses untuk mengerjakan segala tindakan yang telah diperintahkan oleh user atau pemakai. Alat pemroses ii biasanya disebut dengan CPU (Central Processing Unit).
c. Perangkat penyimpan data utama (primary storage)
    Perangkat penyimpan data utama (primary storage) berfungsi sebagai media penyimpana data dan intruksi yang bersifat sementara saat sistem melakukan proses komputesi. Dalam sistem komputer modern, memory cache dalam processor dan modul memori eksternal merupakan media penyimpana data utama.
d. Perangkat penyimpanan data sekunder (secondary storage)
    Perangkat penyimpanan data sekunder (secondary storage) contohnya adalah : hardisk,floopy disk,compact disk (CD), atau flas disk.Perangkat tersebut dapat menyimpan data dan program ketika data atau intruksi tidak sedang di butuhkan pada saat proses komputesi berjalan.
e. Perangkat keluaran atau output
    Perangkat keluaran (output) berfungsi untuk menampilkan atau mengeluarkan hasil komputasi yang telah dilakukan. Perangkat keluaran ini contohnya : monitor,mesin pencetak (printer),mesin pengeras suara (speaker), dan proyektor.
f. Perangkat komunikasi
   Perangkat komunikasi merupakan perangkat yang menyediakan koneksi antara komputer dan jaringan komunikasi. Bus yang terdapat pada komputer adalah salah satu perangkat komunikasi. perangkat ini berupa jalur-jalur sirkuit elektronik yang berfungsi untuk mentransminisikan data dan sinyal antara perangkat pada sistem komputer.
2. Unsur Software
    Software (perangkat lunak) yaitu sekumpulan perintah atau data yang tekah diolah oleh komputer untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan olah pemakai. Dengan software inilah maka komputer seolah-olah hidup, sehingga dia dapat berhitung,menggambar,bersuara dan lain sebagainya.Software disinipun terdiri dari beberapa jenis, antara lain sebagai berikut.
a. sistem operasi (operating system)
    Sistem operasi merupakan bagian software yang sangat penting, terdiri dari kumpulan program-program yang dapat mengatur dan mengontrol kegiatan proses didalam suatu sistem.
b. Program utility
    Program utility merupakan program-program yang digunakan untuk menunjang sistem operasi dan biasanya sudah disertakan (sepaket) bersama sistem operasi. misalnya untuk format backup,defragmentasi,dan disk clean-up.
c. Program aplikasi
    Program aplikasi merupakan program-program yang disusun untuk aplikasi tertentu atau memecahkan suatu masalah suatu permasalahan tertentu.Misalnya untuk pengolah kata,pengolah angka, dan pengolah gambar.
3. Unsur Brainware
    Brainware (pengolah otak) yaitu manusia yang menangani/ menjalankan sistem komputer. Ada empat kelompok manusia yang menangani suatu sistem komputer, yaitu:
a.     Sistem analis, yaitu orang yang merancang. mendesain suatu sistem komputer, mulai dari pemilihan    janis komputer, sampai penerapannya dalam aplikasi yang bersangkutan.
b.     Programmer,yaitu orang yang melakukan program dengan memasukan kode-kode yang dimengerti oleh komputer, dalam kaitannya dengan hasil pengolahan sistem analis.
c.     Operator, yaitu orang yang menyiapkan data-data yang akan diolah oleh komputer.
d.     Teknisi, yaitu orang yang bertugas merawat dan menjaga komputer secara keseluruhan jika terjadi kerusakan.
By : Tose_Blog

0 komentar:

Posting Komentar